Cara Mudah Menulis Skripsi dalam 30 Hari

Resensi Buku: “Cara Mudah Menulis Skripsi 30 Hari Jadi”, Penulis: Ali Bumi, Penerbit: Datamedia

Buku ini sudah cetak untuk yang ke-3 kalinya sejak 2006. Judulnya cukup menggigit, menggoda, sekaligus menimbulkan kesan utopis. Dari beberapa komentar pembaca di halaman awal; ada dari mahasiswa, biro jasa penulisan skripsi, dosen, dan pembaca umum, banyak penilaian positif-negatif dari buku ini.

Seorang mahasiswa ada yang berkata, “Di pasaran ada banyak buku yang menulis tentang menulis skripsi dengan baik dan benar, menulis skripsi satu semester, cardas menulis skripsi, buku pengantar penelitia anu, kualitatif, kuantitatif, tata bahasa, dsb, tapi hanya buku ini yang nyangkut secara praktis untuk mendorong dan memandu penulisan skripsi saya.” Ada pula seorang dosen di Yogyakarta yang berkata, “Saya merekomendasikan buku ini dilarang terbit, jangan sampai jatuh ke tangan pembaca secara luas. Ini bisa menjadi preseden buruk yang bisa mengurangi nilai sakral dalam menulis skripsi. Orang tidak lagi merasa perlu untuk menulis skripsi dengan idealisme yang kuat, tetapi mereka akan cenderung pragmatis, yang penting skripsi jadi dan cepat lulus.”

Di salah satu bab yang berjudul “Manajemen Tindakan” ada beberapa sisi motivasi yang diperlukan, antara lain:

1. Menulis sesuai kemampuan, besar belum tentu cantik-kecil belum tentu indah, ukuran “pas” menjadi dasar kita saat pertama kali misalnya memilih baju di toko. Demikian dengan menulis skripsi, kalau kapasitas botol kita 10 liter jangan diisi 30 liter, kalau “pas” dengan 30 halaman jangan menambah-nambah sampai 100 halaman.

2. Menulis yang mudah, umumnya orang ingin yang mudah-mudahnya saja, lagian dosen juga akan senang membaca dan mengoreksi yang mudah-mudah saja. Mulailah dari paragraf yang paling sederhana, dari sumber data yang paling mudah dijangkau, sedikit demi sedikit.

3. Jangan ditunda, ingatlah tidak ada waktu lain yang paling mungkin untuk memulai kecuali saat ini. Akan ada banyak halangan yang sewaktu-waktu datang tidak terduga, hingga mengganggu dan menghambat proses penulisan skripsi. Bisa saja esok anda sakit, ada undangan pernikahan, acara keluarga, pacar ngajak jalan-jalan, atau ada musibah di kampus, ada perang atau ancaman lainnya.

4. Berjanji menulis kontinu, tetapkan jadwal waktu penulisan skripsi, setelah istirahat kembalilah ke depan komputer dan lanjutkan pekerjaan anda.

5. Menulis mandiri, terkadang kita manja bekerja dengan dalih menunggu orang lain melakukan sesuatu terlebih dahulu, misalnya menunggu atau mengemis bantuan orang lain. Semua itu membuat kita terjebak dalam kesempatan yang tersia-siakan. Kita berada dalam posisi menggantung. Akhirnya kita tidak lekas memulai.

6. Teliti dan hati-hati, dalam setiap proses penulisan maupun penelitian. Karena jika salah langkah, akibatnya akan sangat menghambat proses skripsi kita. Data penting harus dijaga ketat, jangan lupa untuk selalu mem-back up data di media terpisah secara berkala. Ancaman virus atau hardisk rusak sering terjadi.

7. Jangan mudah menyerah, badai pasti berlalu, tsunami pasti kan berhenti. Maka jangan menyerah, karena hidup adalah anugerah. Sesulit apapun rintangan yang ada, dari teman, dosen, keluarga, dan tentu saja diri sendiri, pasti dapat anda hadapi.

Secara teknis, apa saja prasyarat menulis skripsi dalam 30 hari?

1. Sehat jasmani serta rohani.
2. Memiliki dana operasional “cukup” untuk belanja kebutuhan skripsi.
3. Memiliki ketenangan.
4. Technology minded, gunakan HP untuk komunikasi dengan dosen pembimbing, gunakan internet, dsb.
5. Mendapatkan dosen akomodatif.
6. Memiliki permasalahan poluler dan sumber data melimpah.
7. Judul skripsi ringkas, kuat, menarik, cocok dengan selera anda.
8. Berada pada habitat penulis skripsi, yang sedang atau telah mengerjakan skripsi, mempermudah pertukaran data dan saling memotivasi.
9. Mendapatkan sumber data secara praktis dari internet.
10. Memiliki kemampuan editing dan olah data yang baik.

Masih bayak panduan yang ditulis dalam buku ini, termasuk siasat bernegosiasi dengan beberapa tipe dosen, menyusun anggaran skripsi, strategi menjadwal kegiatan, dsb. Terakhir, sebulan yang lalu di Gramedia Bandung juga di Depok stoknya banyak.

Btw, doakan saya cepat menulis skripsi ya, yah gak musti 30 hari lah, tergantung kemampuan, dana, waktu, tenaga, dan juga idealisme yang akan dipertahankan. ;-)

10 thoughts on “Cara Mudah Menulis Skripsi dalam 30 Hari”

  1. saya termasuk setuju untuk “reject instant culture” (mm..kecuali instant noodle), tapi kalau memang mau cepat dan yang penting memenuhi standar untuk lulus, 2 minggu pun bisa. asyam sukendar, ketua Gamada Jakarta, membuktikannya. selamat bekerja… :)

  2. @abdulmalikhasan, sippp…
    @rudini silaban, boleh sekali… perlu perjuangan, hehe… :)
    @beritafenomenal, bersemangat…
    @ajoi, wew, kayaknya berat tuh, bukan bidang saya :) semoga dapet ya googling nya…

  3. Wah.. ane jg mau skripsi nih..? tp ane masih bingung mau judul apa? posting judul skripsi untuk Teknik Informatika?ane mw ngambil yang berbasis android tpi bngung dengan pencarian judul? mhon bantuannya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s