Ruang

Ruang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia dimanapun ia berada, baik secara psikologi dan emosional (persepsi), maupun dimensional. Manusia selalu berada dalam ruang, bergerak serta menghayati, berpikir juga mnciptakan ruang untuk menyatakan bentuk dunianya. Ciptaan yang artistik disebut “ruang arsitektur”. Ruang arsitektur ini menyangkut interaksi antara ruang dalam dan ruang luar, yang saling mendukung dan memerlukan penataan lebih lanjut.

Ruang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia. Semua kehidupan dan kegiatan manusia sangat berkaitan dengan aspek ruang. Adanya korelasi antara manusia dengan suatu objek, baik secara visual maupun secara indra pendengar, indra perasa, dan indra penciuman akan selalu menimbulkan kesan ruang.  Para pakar yang mencoba menafsirkan ruang, memberikan pendapat yang berbeda – beda.

Ruang adalah suatu kerangka atau wadah dimana objek dan kejadian tertentu berada” (Plato)

Ruang bukanlah sesuatu yang objektif sebagai hasil pemikiran dan perasaan manusia”(Immanuel Kant)

“Lima karakteristik ruang diantaranya; suatu tempat yang dikelilingi; tempat itu bukan bagian dari yang mengelilingi; tempat dari benda tak lebih kecil atau besar dari benda itu sendiri; apakah tempat itu bergerak pada akhirnya akan berhenti pada suatu tempat di mana ia berada.” (Aristoteles)

Ruang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Hal ini disebabkan manusia selalu bergerak dan berada di dalamnya. Ruang tidak akan ada artinya jika tidak ada manusia. Oleh karena itu, titik tolak dari perancangan ruang harus selalu didasarkan pada manusia.

Hubungan manusia dengan ruang secara lingkungan dapat dibagi dua, yaitu hubungan dimensional (Antropometri) serta hubungan psikologi dan emosional (Proksemisitas). Hubungan dimensional menyangkut dimensi-dimensi yang berkaitan dengan tubuh dan pergerakan kegiatan manusia. Hubungan psikologis dan emosional menentukan ukuran-ukuran kebutuhan ruang untuk kegiatan manusia. Salah satu perasaan kita yang penting mengenai ruang ialah perasaan teritorial, perasaan ini memenuhi kebutuhan dasar akan identitas diri, kenyamanan, dan rasa aman pada pribadi manusia (Edward T.Hall)

About these ads

2 thoughts on “Ruang”

  1. Ini bagian dari TA ta? Kok berat bgt mbacanya.. Bener g bener, smangat Mas!

    *I think we should communicate more, casually or text-based like this. I need a figure of a big broter, bro :) Other brothers have done Warner Brothers, have written my 1000+ pages textbook Java How to Program: Deitel & Deitel, have designed an aeroplane: Wright Brothers, and others. What do you think?*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s