Daur Hidup Bangunan (Building Life Cycle)

Image

Sekarang sudah bukan lagi jamannya bangunan setengah matang, khususnya di Indonesia. Untuk setia pada idealisme desain dan SOP saja tidak mampu apalagi setia pada lingkungan. Yang dijadikan payung perhitungan hanya kapan bangunan/aset bisa balik modal, sedangkan dampak lainnya tidak dihitung, atau lupa dihitung, atau pura-pura lupa dihitung.

Membangun sebuah fasilitas atau hunian bagai jualan krupuk. Begitu mudah karena pertimbangannya semata bertumpu pada profit, kepentingan piring yang sesaat. Aturan apa saja bisa digadaikan, rakyat dan kebenaran bisa dijual untuk kepentingan dan keuntungan diri sendiri dan kelompoknya. Lagipula, lingkungan dan nasib anak cucu yang mestinya dijunjung tidak diseimbangkan dengan mendahulukan kewajiban asasi dan batas-batas profesionalitas, norma, etika, dan hukum. Tak heran bila banyak sekali mark up pada proyek dan apa saja bisa dijadikan alasan untuk meningkatkan kesaktian pihak-pihak tertentu. Semakin terang asumsi yang mengatakan bahwa dunia ini dihuni oleh 10% orang baik, 10% orang nakal, dan 80% orang yang belum punya pendirian. Poor people talking about money, average people talking about things, and great people talking about idea.

Selamat datang di dunia proyek! Dimana “oli” banyak ditemui di setiap sudut bangunan, untuk melicinkan setiap detail pekerjaan. Profesionalisme dipinggirkan, kapasitas dan kapabilitas dinomertigakan, karena nomer dua dan satunya adalah duit dan uang.

Jadi, kalau boleh menambahkan “insert” pada diagram daur hidup bangunan di atas, mestinya ditambahkan “grease” di setiap segmen nya. Atau ditambahkan fase audit dan kepastian temuan BPK dan pemeriksaan KPK seperti kasus Hambalang. Anyway, ada gak sih proyek yg dibangun tanpa biaya siluman dan jatah preman di Indonesia? Mungkin bukan ada atau tidak, karena pasti ada, tapi berapa besar atau kecilnya? Wani piro? Kalau pertanyaan dibalik menjadi “memangnya ada proyek yang bersih dan lurus dan tidak ada yang bocor?” mungkin yang bisa menjawab hanya sebagian kecil saja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s